Pengertian Geografi dan Berbagai Pendapat dari Para Ahli

Pengertian Geografi dan Berbagai Pendapat dari Para Ahli – Ilmu tentang bumi telah dikenal istilahnya dengan sebutan geografi. Memahami fenomena alam yang terjadi serta mengenali lebih banyak dan juga rinci khususnya mengenai bumi merupakan tujuan dari mempelajari geografi tersebut.

Pengertian Geografi

Pengertian tentang geografi, ilmu tentang bumi
Secara bahasa, geografi diambil dari kata bahasa Inggris yaitu Geography yang sebenarnya juga merupakan kata dari turunan bahasa Yunani, yaitu “Geo” yang berarti “bumi” dan “Graphien” yang berarti tulisan ataupun penjelasan. Ke dua dari kata tersebut kemudian membentuk menjadi sebuah kata “geography” yang jika diartikan secara istilah menjadi atau memiliki arti sebagai ilmu bumi, atau lebih lengkapnya yaitu ilmu yang mempelajari tentang bumi.

Pengertian menurut para ahli
Selain pengertian secara bahasa dan juga istilah, geografi yang merupakan suatu konsep yang telah ada sejak zaman dahulu. Bahkan, bangsa Yunani kuno berupaya dalam mendokumentasikan berbagai macam dari keterangan yang memiliki kaitannya dengan geografi. Seperti misalnya tokoh Thales pada 640 hingga 546 Sebelum Masehi (SM) yang telah melakukan berbagai penelitian dan juga menggali berbagai jenis informasi dengan cara melakukan perjalanan ke berbagai tempat.

Kemudian, terdapat juga tokoh Yunani lain dalam bidang ilmu bumi ini yang disebut dengan Herodotu pada abad 485 hingga 425 Sebelum Masehi (SM) dengan membuat geografi di kawasan Timur Tengah. Tokoh lainnya yaitu Phytheas yang melakukan ukur jarak antara matahari ke bumi. Adapun tokoh Yunani lainnya yang dianggap fenomenal yaitu Eratosthenes pada abad 276 hingga 194 Sebelum Masehi (SM) di mana ia mampu menghitung keliling bumi dengan selisih hanya 1% dari keliling ukuran bumi yang sebenarnya.

Adapun berbagai konsep pengertian dari geografi atau ilmu bumi yang diuraikan oleh beberapa ahli, yaitu sebagai berikut ini;

Immanuel Kant; mengatakan bahwa geografi merupakan suatu ilmu dengan objek studinya yang merupakan benda-benda, hal-hal ataupun gejala-gejala yang tersebar yang ada di dalam wilayah di permukaan bumi.

Alexander von Humbolt; menyatakan bahwa geografi adalah suatu studi dengan atau tentang pengaruh lingkungan terhadap manusia atau kehidupan manusia.

Karl Ritter; mengatakan bahwa geografi adalah suatu kegiatan menelaah bumi yang merupakan tempat hidup bagi manusia. Semua fenomena di permukaan bumi, baik secara organic maupun anorganik yang berkaitan dengan kehidupan manusia merupakan onjek bidang studi dari ilmu bumi atau geografi tersebut.

Friederich Ratzel; mengemukakan bahwa konsep dari geografi atau ilmu bumi tersebut yang dituliskan pada bukunya dengan judul Politische Geographie dimana konsep tersebut diberi nama dengan Lebensraum yang memiliki arti wilayah geografis merupakan sebuah sarana bagi organisme untuk berkembang. Ia melihat bahwa suatu negara memiliki kecenderungan dalam meluaskan Lebensraum tersebut sesuai dengan kekuatan yang dimiliki oleh negara tersebut.

Elsworth Hunington; mengatakan bahwa geografi adalah sebuah studi yang berkaitan atau mengenai fenomena dari permukaan bumi dan juga seluruh penduduk yan menghuninya. Adanya hubungan timbal balik antara gejala dan juga sifat-sifat dari permukaan bumi dengan penduduk yang menghuninya yaitu salah satunya adalah manusia.

Paul Vidal de la Blache; adalah seorang pelopor dari teori posibilisme atau yang memiliki arti kemungkinan. menyatakan bahwa bawah lingkungan menawarkan segala bentuk kemungkinan dari manusia untuk hidup dan juga berkembang. Ia menyatakan bahwa geografi adalah suatu ilmu di mana dipelajarinya tentang bagaimana proses dari produksi yang dilakukan oleh manusia terhadap kemungkinan dari yang telah ditawarkan oleh alam (bumi) kepada manusia.

Bagaimana sobat? mungkin kamu semua sudah mengerti dan paham tentang artikel yang telah kami bahas diatas, Itulah beberapa pendapat dari para ahli mengenai pengertian dari ilmu tentang bumi atau geografi.

Incoming search terms:

  • tuliskan pemahaman anda mengenai integrasi wilayah
  • pengertian ilmu genetika
  • pengertian ilmu akhirat
  • pengertian ilmu bayan
  • pengertian geografi ekonomi menurut para ahli
  • pengertian hak menyatakan pendapat
  • pengertian ilmu biomedik
  • apa yang di maksud ilmu rekayasa
  • pengertian ilmu gulma
  • pengertian ilmu rekayasa
Pengertian Geografi dan Berbagai Pendapat dari Para Ahli | admin | 4.5
/* */